Kamis, 19 September 2019 | 02:47 WIB

Kunjungi di social media :
Home / Transportasi / Pelayaran
Minggu, 08 September 2019 10:26

Temas Operasikan KM Segoro Mas Layani Rute Kuala Tanjung, Lhokseumawe, Malahayati

Aidikar M. Saidi

JAKARTA - PT Tempuran Emas (Temas) Tbk. mengoperasikan KM Segoro Mas guna mengisi rute angkutan peti kemas pengumpul untuk Pelabuhan Kuala Tanjung, Lhokseumawe dan Malahayati.

"Kapal peti kemas itu Sabtu (7/9) sore tiba dan sandar di Pelabuhan Lhokseumawe dari Kuala Tanjung dengan membongkar barang kebutuhan pokok," kata Budi Azmi, General Manager PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Lhokseumawe kepada Translogtoday, Sabtu malam.

Dia mengatakan, muatan kapal peti kemas tersebut didominasi barang milik Indofood, sementara muatan balik dipersiapkan semen. Setelah selesai bongkar muat, kapal akan melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Malahayati, Banda Aceh.

Meskipun belum punya container crane untuk bongkar muat peti kemas, Pelabuhan Lhokseumawe mampu melayani KM Segoro Mas menggunakan harbour mobile crane (HMC) dengan kapasitas angkat 150 ton.

Pelabuhan itu juga dilengkapi dengan alat penunjang reach stacker kapasitas 45 ton dan mobile crane Tetex kapasitas 45 ton.

Sebelumnya Temas menyatakan siap mengaktifkan kembali rute angkutan peti kemas dengan menyinggahi Pelabuhan Lhokseumawe, mulai awal September 2019.

"Kapal masuk lagi, setelah rute itu sempat disetop setahun lalu," ungkap Direktur Operasi Temas Teddy Arief Setiawan beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan rute Lhokseumawe sudah satu tahun ditinggalkan karena keterbatasan alat untuk pelayanan kapal peti kemas.

"Temas masuk kembali setelah Pelindo I menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk pelayanan kapal peti kemas," ujarnya.

Pelindo I bahkan telah menandatangani kesepakatan dengan Temas untuk mengaktifkan kembali rute ke Pelabuhan Lhokseumawe. (hlz/hlz)


Komentar