Jumat, 06 Desember 2019 | 22:56 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Ports
Jumat, 29 November 2019 22:09

Progres Pelabuhan Patimban Sesuai Target, Tahap Pertama Rampung Juni 2020

Translog Today

SUBANG - Presiden Joko Widodo menilai progres pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk tahapan pertama dengan investasi Rp29 triliun tergolong bagus dan sesuai harapan.

“Ya progresnya bagus dan kita harapkan yang tahapan pertama nih nanti akan kita selesaikan di bulan Juni tahun depan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Pelabuhan Patimban, Jumat (29/11) siang.

Presiden berharap Pelabuhan Patimban akan menjadi sebuah pelabuhan besar, nantinya pada 2027. Karena itu, pekerjaan yang besar sehingga tahapan-tahapannya memang jangka panjang.

Pada tahapan pertama, menurut Presiden, investasi yang diperlukan kurang lebih Rp29 triliun, tetapi total mungkin nanti sampai Rp50 triliun lebih pada 2027.

“Jadi ini secara keseluruhan ada 654 hektare, yang 300 hektare itu untuk peti kemas dan terminal kendaraan, memang ini nanti akan banyak yang untuk terminal kendaraan untuk ekspor mobil-mobil dari industri-industri otomotif kita. Kemudian yang pick up areanya ada 354 hektare dan ini diharapkan nanti memiliki kapasitas 7,5 juta TEUs. Memang gede sekali pelabuhan ini,” ungkap Presiden.

Jalan Akses

Mengenai jalan akses ke Pelabuhan Patimban, Presiden menjelaskan, yang non-tol sudah dikerjakan dan sudah hampir selesai yang ditargetkan rampung April hingga Juni 2020.

“Kita lihat di atas ya progresnya sudah bagus sekali, nggak ada masalah. Tinggal ada fasilitas lagi yang namanya jalan tol sepanjang kurang lebih 37 km dari tol Cipali menuju ke sini sehingga kecepatan itu ada, efisiensi itu ada menuju ke pelabuhan ini,” katanya.

Presiden menjelaskan, pembangunan Pelabuhan Patimban dan jalan akses menuju pelabuhan tersebut semuanya dilakukan dalam rangka memperbaiki daya saing Indonesia.

“Artinya, nanti ada di sini memang arah ke depan ini menjadi pelabuhan khusus untuk mobil. Meskipun yang lain juga, tetapi nanti sebagian besar yang masuk ke sini adalah yang untuk ekspor mobil karena kita ingin menjadi sebuah hub besar bagi produksi otomotif di kawasan kita sehingga ekspor ke Australia, Selandia Baru atau ASEAN semuanya berangkat dari Patimban,” jelas Jokowi.

Saat mengunjungi Pelabuhan Patimban, Presiden didampingi oleh Seskab Pramono Anung, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (hlz/hlz)


Komentar