Sabtu, 08 Agustus 2020 | 16:26 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Dock & Repair
Senin, 11 Mei 2020 20:12

Kebakaran MT JAG LEELA di Belawan Padam, Api Diduga akibat Korsleting Listrik

Translog Today

MEDAN -

Kebakaran kapal tanker MT JAG LEELA yang sedang docking di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, Medan, pada Senin (11/5) pagi akhirnya berhasil dipadamkan.

Menurut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ahmad, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran kapal tersebut. Namun, 22 orang mengalami luka bakar dan gangguan pernapasan serta sudah ditangani pihak rumah sakit.

“Dari 22 orang tersebut, 15 di antaranya sudah diperkenankan pulang, sedangkan 7 orang lainnya masih mendapatkan perawatan di rumah sakit PHC dan Rumah Sakit Komang Makes Belawan,” ujarnya.

Ahmad mengatakan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah menurunkan personel dari Kantor Kesyahbandaran, Kantor Otoritas Pelabuhan dan Kantor Distrik Navigasi Belawan untuk membantu proses pemadaman.

Ditjen Hubla juga bekerja sama dengan Dinas Pemadaman Kebakaran, P. Waruna Nusa Sentana Shipyard, serta instansi lain dalam melakukan pemadaman kebakaran kapal tersebut,

Ahmad mengungkapkan, MT JAG LEELA sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT Waruna Sentana Shipyard Belawan sejak 11 April 2020. 

“Menurut laporan yang kami dapatkan, api mulai dapat dipadamkan pada pukul 14.00, namun demikian asap masih pekat dan masih dalam proses pendinginan, sehingga evakuasi lebih lanjut belum dapat dilakukan,” jelasnya.

Mengenai penyebab kebakaran, Ahmad mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi yang diterima dari pihak galangan karena percikan api yang berasal dari korsleting listrik penerangan di dalam tanki Center Oil Tank (COT) 6 kiri.

“Namun, untuk investigasi lebih lanjut dan penyelidikan secara detil mengenai sumber terjadinya kebakaran akan dilakukan setelah asap dan kondisi kapal dalam keadaan baik dan aman,” lanjutnya. (hlz/hlz)


Komentar