Minggu, 05 Desember 2021 | 00:49 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Trucking
Selasa, 07 September 2021 22:11

Jelang Penerapan Driver ID di Tanjung Priok, IPC TPK Gelar Pelatihan Safety Truck Driving

Translog Today

JAKARTA - IPC Terminal Petikemas/IPC TPK, anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), menggelar pelatihan Safety Truck Driving guna mengampanyekan keselamatan mengemudi di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang implementasi Single Truck ID dan Driver ID.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan berdasarkan ISO 26000 yang bertujuan memberikan edukasi melalui sharing knowledge kepada pengemudi eksternal, baik dari asosiasi dan mitra kerja terkait dengan Basic Safety yang dilengkapi dengan Pengenalan Kepelabuhanan.

"Pelabuhan memegang peranan penting dalam pergerakan ekonomi. Sebagai objek vital negara, aspek keselamatan di pelabuhan harus menjadi hal utama," kata Wahyu Hardiyanto, Direktur Utama IPC TPK dalam siaran pers IPC TPK, Senin (6/9/2021).

Dia mengatakan seluruh entitas yang beraktivitas di pelabuhan harus mematuhi prosedur keselamatan dan kesehatan kerja. Pemahaman ini juga harus dimiliki dan berlaku bagi pengemudi yang membawa logistik dari dan menuju pelabuhan.

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peluncuran sistem Single Truck ID dan Driver ID yang segera diimplementasikan di Pelabuhan Tanjung Priok. Pelatihan digelar di Museum Maritim Indonesia, diikuti oleh 32 orang pengemudi dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama IPC TPK Wahyu Hardiyanto, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc, Waka Polres Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Yunita Natallia Rungkat, GM IPC Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana dan stakehoder pelabuhan lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan hari ini. Para pengemudi harus diberikan pengetahuan tentang lalu lintas pelabuhan dan aturan-aturan area terminal yang harus ditaati. Misalnya prosedur dan tata cara operasi di dalam area terminal," ujar Kompol Yunita Natallia Rungkat.

Implementasi Driver ID merupakan program yang diinstruksikan oleh Otoritas Pelabuhan dan diinisiasi oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk diimplementasikan oleh anak perusahaan IPC yang bergerak di bidang operasi terminal petikemas dan non petikemas.

"Pelabuhan menjadi pintu gerbang perekonomian negara yang dimana jika terjadi hambatan pada prosesnya, maka akan berdampak besar bagi roda ekonomi nasional. Dengan adanya kegiatan ini, Pelabuhan Tanjung Priok mencatatkan rekor yang luar biasa," kata Capt. Wisnu Handoko, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

Nantinya pelatihan Safety Truck Driving akan menjadi salah satu syarat utama untuk pengemudi memperoleh Driver ID. Pelatihan ini akan diselenggarakan secara bertahap dan komperhensif dengan tujuan agar kegiatan operasi di pelabuhan, baik proses receiving maupun delivery di dalam terminal, dapat berjalan dengan aman, efektif dan efisien. (hlz/hlz)


Komentar