Kamis, 13 Mei 2021 | 09:37 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Travel
Jumat, 16 April 2021 20:42

Ditjen Hubdat Kemenhub Gandeng ASDP Kelola Pelabuhan di KSPN Danau Toba

Translog Today
(Ditjen Hubdat Kemenhub)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk mengembangkan pelabuhan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Kerja sama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Pelabuhan di KSPN Danau Toba, yang ditandatangani oleh Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dan Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Dirjen Budi menyampaikan bahwa pengoptimalan Barang Milik Negara (BMN) dilakukan untuk meningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) maupun Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) pada BMN kepada pihak lain.

"Skema kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan BMN yang ada untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengguna angkutan pelabuhan di wilayah KSPN Danau Toba," ujarnya.

Dia juga berharap, selain mengelola prasarana dengan baik dalam aspek pelayanan, PT ASDP diharapkan dapat memberikan nilai lebih untuk meningkatkan kualitas masyarakat di sekitar Danau Toba, khususnya di beberapa dermaga yang akan dikerjasamakan. "Bisa dilakukan dengan menarik brand-brand lokal di sana," kata Dirjen Budi.

Nantinya, baik Ditjen Perhubungan Darat maupun PT ASDP akan sama-sama memiliki tugas dan tanggung jawab dalam rangka pengembangan pelabuhan di KSPN Danau Toba.

"Kami dan PT ASDP akan menyusun perjanjian setelah mendapat persetujuan. Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada petugas, pedagang dan masyarakat sekitar pelabuhan di KSPN Danau Toba terkait dengan adanya pembangunan pemanfaatan BMN ini," ujar Dirjen Budi.

Selain itu, akan dilakukan juga pengawasan dan evaluasi pemanfaatan BMN dengan mekanisme kerjasama pemanfaatan operasional pelabuhan di KSPN Danau Toba di antara Ditjen Hubdat dan PT ASDP.

Dirut PT ASDP Ira Puspadewi menilai kerja sama ini merupakan sebuah hal yang membanggakan karena merupakan model kerja sama yang baru dan bisa menjadi contoh untuk kerja sama selanjutnya.

"Melalui kerja sama ini, kami berperan dalam dua hal yang terkait dengan pariwisata yaitu accessibility dan amenities. Kami memiliki target untuk meningkatkan jumlah wisatawan menjadi 1 juta orang dari yang semula menurut Badan Otorita Pariwisata Danau Toba jumlah wisatawan hanya sekitar 350.000 sampai dengan tahun 2019," kata Ira.

Dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Ditjen Hubdat karena telah diberikan kepercayaan dalam melakukan pengembangan pelabuhan di KSPN Danau Toba.

"Kami sangat berterimakasih karena diberikan kepercayaan. Kami adalah Badan Usaha Milik Negara yang dilahirkan oleh Kemenhub dan sudah seharusnya mendukung program Kemenhub. Kami juga siap menerima seluruh saran dari Kemenhub," tegas Ira.

Dalam acara ini, Dirjen Budi didampingi oleh Sekretaris Ditjen Hubdat Marta Hardisarwono, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Cucu Mulyana, Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat Endy Irawan, serta Kasubdit Kepengusahaan Prasarana Susanty Pertiwi. (hlz/hlz)


Komentar