Sabtu, 24 Juli 2021 | 07:21 WIB

Visit our social media :
Home / Transportation / Shipping
Sabtu, 05 Juni 2021 12:08

Semua Kru WNI dan Berbendera RI, Kapal Tanker Pertamina Gas 1 Kirim LPG Perdana dari AS

Translog Today

JAKARTA - Kapal Tanker LPG Pertamina Gas 1 (PG 1) akan melakukan pengiriman LPG perdana dari Amerika Serikat dengan berbendera Indonesia. Kapal berangkat pada 5 Juni 2021 melalui perairan Samudera Indonesia, Afrika Selatan, menuju Teluk Mexico.

Selama ini impor LPG selalu menggunakan bendera negara lain, seperti Panama dan Liberia. Selain menggunakan bendera Indonesia, Kapal Tanker PG 1 diawaki oleh 30 kru yang seluruhnya merupakan Warga Negara Indonesia.

Kapal Tanker PG 1 dibangun oleh Hyundai Korea Selatan pada 2014, memiliki kapasitas 84.000 m3 dengan panjang total 225,8 meter dan lebar 36,6 meter serta dalam kondisi prima.

Kapal tersebut direncanakan berangkat ke Texas, Amerika Serikat, dan disiapkan untuk membawa LPG guna memenuhi kebutuhan dalam negeri Indonesia.

Kapal yang dioperasikan oleh PT Pertamina International Shipping (PIS) ini telah memenuhi semua standar Pemerintah Amerika Serikat, baik dari sisi teknis maupun kru kapal.

Deputi Migas, Pertambangan dan Petrokimia Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Montty Giriana yang diwakili oleh Asisten Deputi Andi Novianto didampingi oleh direksi PT PIS meninjau Kapal Tanker PG 1 yang sedang berlabuh di perairan Kepulauan Seribu, Kamis (4/6/2021).

Andi Novianto mengatakan, penyiapan kebutuhan energi nasional melalui impor yang dilakukan oleh PT Pertamina diperlukan agar kebutuhan nasional dapat terpenuhi.

Selain itu upaya-upaya diversifikasi dan substitusi impor, termasuk melalui pengembangan DME (dimethyl ether) yang telah dilakukan melalui kerja sama PT Pertamina, PT Bukit Asam, dan Air Product juga mendapat perhatian untuk terus dilakukan. (hlz/hlz)


Komentar